21 Granat Sisa Perang di Baturaden Banyumas

By 10.44.00 ,


Banyumas - Penemuan benda yang sebelumnya disebut mortir di Baturaden, Banyumas, ternyata granat nanas. Benda berbahaya sebanyak 21 buah itu diduga sisa perang kemerdekaan.
Hal tersebut diungkapkan Kapolsek Baturaden AKP Turyandi di lokasi penemuan, Dusun Munggasari, Desa Karangsalam, Kecamatan Baturaden, Banyumas, Jawa Tengah, Rabu (21/10/2008).
"Benda tersebut granat nanas sisa perang kemerdekaan. Dulu daerah ini memang tempat persembunyian para pejuang," kata Turyandi.
Turyandi menjelaskan, 21 granat tersebut pertama kali ditemukan oleh warga bernama Hiran (23). Saat itu Hiran sedang menggali pondasi untuk membuat pagar rumah.
"Tiba-tiba cangkulnya mengenai benda keras. Setelah diperiksa ternyata granat dan kemudian dilaporkan ke polisi," tutur Turyandi.
Petugas pun kemudian datang ke lokasi untuk melakukan penyelidikan. Saat digali lebih dalam lagi, petugas kembali menemukan 20 granat lainnya. Granat-granat tersebut tidak dikemas dalam kemasan khusus.
Saat ini sejumlah petugas masih berada di lokasi untuk melakukan pemeriksaan lebih lanjut. Lubang ditemukannya granat tampak diberi police line. Sedangkan 21 granat tersebut diamankan ke Markas Brimob Banyumas. (djo/nrl)
sumber : Detik.com

You Might Also Like

0 comments