Serba Sebelas Sambut Momentum

By 19.50.00 , , , ,

Wonogiri, CyberNews. Acara spektakuler serba sebelas, akan digelar oleh berbagai komunitas masyarakat Wonogiri, dalam menyambut datangnya momentum 'tumbuk' (bertemunya) tanggal, bulan dan tahun yang sama. Yakni tanggal 11 bulan 11 tahun 11, yang itu akan jatuh hari Jumat tanggal 11 November 2011 mendatang.

Kepala Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda Olahraga (Disbudparpora) Kabupaten Wonogiri, Drs Pranoto MM, mengatakan, setidak-tidaknya ada 13 agenda yang telah dirancang masyarakat dalam menyambut 'tumbuk' tanggal, bulan dan tahun tersebut, dengan menampilkan sajian atraksi serba sebelas. Yakni menggelar acara menyanyi dengan 11 biduanita, musik perkusi dan jimbe yang akan menampilkan masing-masing 11 personel pemusik. Selain itu, ada ide menyajikan tumpeng dan panggang ayam masing-masing berjumlah sebelas, dilengkapi dengan telor ayam sebanyak 111 biji.

Kemudian, pembacaan geguritan (puisi Jawa) oleh 11 orang seniman penggurit, tari kontemporer dengan 11 orang penari. Para budayawan seni kerawitan, berencana akan menggelar sajian spesifik dengan menampilkan 11 group pengrawit, yang masing-masing terdiri atas 11 seniman penabuh gamelan. Tak ketinggalan pagelaran wayang orang bocah yang dimainkan 11 seniman tari wayang wong cilik. Dari komunitas seniman pembuat wayang kulit, akan menampilkan 11 orang seniman penatah wayang dan 11 orang penyungging (mewarnai wayang) wayang kulit.


Dari komunitas seniman tari Kabupaten Wonogiri, akan menampilkan tarian kethek ogleng khas Wonogiri, yang dimainkan oleh 11 seniman tari. "Dari masyarakat Jawa, akan menampilkan parade macapatan yang diikuti sebelas pelantun tembang macapat," ujar Pranoto. Budayawan Jawa peraih anugerah bintang budaya yang juga menjadi abdi dalem Keraton Surakarta bergelar Kanjeng Raden Arya (KRA) Adiningrat ini, menyatakan, bersamaan itu juga akan ditampilkan karya kuliner makanan tradisional serba sebelas. Yakni pesertanya masing-masing berjumlah 11 dari tingkat SD, SMP dan SLTA, dengan menyajikan masing-masing 11 jenis makanan tradisional.


Disbudparpora Wonogiri, akan menampilkan panggung seni yang dilengkapi dengan property serba berjumlah sebelas. Yakni kelengkapan asesories payung 11 buah, tombak 11, kain poleng 11 lembar, jaran kepang 11, caping 11, pacul 11 dan gendewa panah 11. ' "Sementara yang sudah kami inventarisasi ada sejumlah 13 event serba sebelas seperti itu. Kepada semua elemen masyarakat, dipersilahkan menampilkan ide, kreasi dan gagasannya dalam ikut memanfaatkan momentum tumbuk tanggal sebelas ini. Tujuannya untuk mengembangtumbuhkan budaya dan melestarian potensi seni, serta menyemarakkan kepariwisataan di Kabupaten Wonogiri," tutur Pranoto.

You Might Also Like

0 comments